# INFO #

AYO INDONESIA PASTI BISA JUARA UMUM SEA GAMES 2011

Selasa, 26 Februari 2008

Imam Izinkan ke PON XVII

SURABAYA - Pengurus tujuh cabang olahraga (cabor) non-puslatda akhirnya benar-benar lega. Dalam rapat konsultasi dengan Ketua Umum KONI Jatim Imam Utomo kemarin (25/2), mereka dipastikan berangkat ke PON XVII. Tujuh cabor tersebut adalah sepak takraw, tinju, anggar, catur, renang indah, basket wanita, dan voli pantai.

Namun, tujuh cabor itu juga tidak bisa berleha-leha selama di PON nanti. Imam membebani mereka dengan target medali emas. Dari hasil konsultasi kemarin, target cabor basket dinaikkan dari satu menjadi dua emas. "Kami yakin bisa memenuhi target tambahan dari ketua (Imam Utomo, Red) di bagian wanita," kata Wakil Ketua Perbasi Jatim Ridwan Prayogo

Dia menambahkan, persiapan yang dilakukan timnya sudah maksimal. Bahkan, sebelum KONI mengizinkan memberikan kuota, pihaknya sudah membentuk tim dari hasil seleksi. "Besok kami akan rapat untuk menentukan pelatih yang akan menangani 12 pemain wanita tersebut," jelas Ridwan.

Tinju juga demikian. Petinju Timotius, Dimas Adi Saputra, dan Ali Imron dibebani target satu emas. Ketua Umum Pengprov Pertina Jatim Sahat Simanjuntak mengatakan, keputusan Imam memang tepat. Sebab, kegagalan para petinjunya dalam Pra-PON di Bengkalis tahun lalu terjadi hanya karena salah komunikasi antara pengurus dan pelatih.

"Pelatih dan petinju saat itu hanya berjuang di Pra-PON dengan semangat ingin merebut tiket PON, tidak menjadi juara," lanjutnya. Namun, KONI ternyata mensyaratkan medali emas kejurnas untuk bisa masuk puslatda. "Ke depan, kesalahan tersebut tidak akan ada lagi. Kami optimistis bisa meraih emas," tandas Sahat. Soal dari mana emas didapat, Sahat tidak menyebutkan.

Beban berat juga harus ditanggung cabor sepak takraw. Peraih medali perak di Pra-PON itu harus merebut dua emas di PON. Mereka dijatah kuota sembilan atlet oleh KONI Jatim. "Kami optimistis, yang paling berpeluang adalah nomor beregu pria dan wanita," ungkap Sekretaris Umum Pengprov PTSI Jatim Widjil Saptadi.

Sedangkan catur ditarget dua medali emas dari lima atlet yang akan diberangkatkan ke PON. Voli pantai juga ditarget dua emas dari nomor pria dan wanita. Sedangkan anggar dan renang indah hanya ditargetkan satu emas.

Di akhir sesi konsultasi, Imam mengingatkan agar cabor-cabor yang diberi kuota tidak main-main dengan tanggung jawabnya. "Mei kita akan adakan evaluasi. Yang tidak layak berangkat akan ditinggal," tegasnya. (Sumber:JawaPos,26 Feb 2008)

Tidak ada komentar: