# INFO #

AYO INDONESIA PASTI BISA JUARA UMUM SEA GAMES 2011

Senin, 04 Februari 2008

Puslatda Basket Minta Waktu

Untuk Berlatih Setiap Hari SURABAYA - Tuntutan KONI Jatim coba ditawar Puslatda Basket pria Jatim. Mereka meminta waktu hingga 18 Februari mendatang untuk bisa mengadakan latihan setiap hari. "Final Kobatama akan digelar pada 17 Februari. Setelah itu, baru kami bisa mengumpulkan semua atlet untuk berlatih setiap hari," kata pelatih Puslatda Basket Jatim Rendi Yuwono Sabtu (2/2).

KONI Jatim menuntut puslatda basket berlatih setiap hari setelah mereka memantau langsung pelaksanaan program sentralisasi puslatda basket Jumat (1/2). Selama ini, puslatda basket pria hanya berlatih empat kali seminggu. Menurut Kabid Pembinaan dan Prestasi KONI Jatim Irmantara Subagyo, hal itu sangat kurang karena basket merupakan cabang olahraga (cabor) yang memerlukan banyak latihan untuk memaksimalkan kerja sama antarpemain.

Selain itu, dengan durasi pertandingan yang cukup lama 4 x 10 menit, kemampuan fisik pemain yang prima sangat diperlukan. Kendala tidak mungkinnya puslatda basket berlatih tiap hari adalah hampir semua pemain masih membela klubnya dalam Indonesian Basketball League (IBL) 2008 dan Kompetisi Bola Basket Mahasiswa (Kobatama).

Ada dua pemain yang membela Cahaya Lestari Surabaya (CLS) Knights. Mereka adalah Sandy Febriansyakh dan I Gusti Lanang Chandra. Tiga pemain lain memperkuat Bima Sakti Malang di IBL. Mereka adalah Dimas Aryo, Made Indra, dan Gibsona Firgian. Selain itu, ada 11 pemain yang bermain di ajang kompetisi Kobatama. Lima pemain tergabung di Klub Halim Kediri, dua pemain di Klub Pasific Caesar Surabaya. Selebihnya, ada 4 pemain yang tergabung di Klub Go Skate.

Enam pemain yang bermain di Kobatama kini tidak lagi harus memperkuat timnya. Sebab, Pasific Caesar dan klub Go Skate gagal melaju ke babak empat besar. Hanya lima pemain dari Halim Kediri yang harus berlaga hingga 17 Februari. "Mereka kini telah rutin kembali berlatih bersama kami," ujar Rendi.

Dia menambahkan, satu pemain yang memperkuat CLS Knights, yakni Mario Marmoto, juga bisa berkonsentrasi membela puslatda basket. "Tidak masalah sebenarnya jika harus terkendala seperti ini, latihan kami tetap maksimal," lanjutnya.

Lima pemain lain yang masih memperkuat IBL belum bisa berkonsentrasi berlatih bersama puslatda. Sebab, mereka harus membela klubnya di ajang yang baru memasuki putaran I seri II. Padahal, babak reguler IBL akan dihelat hingga pertengahan Maret. "Untuk pemain yang tergabung bersma klub peserta IBL, kami akan izinkan memperkuat timnya jika mereka diperlukan," imbuh Rendi. (Sumber : Jawa Pos, 4 Februari 2008)

Tidak ada komentar: